Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

STEFES: Bertani Berarti Memanfaatkan juga Menjaga Tanah
By admin (Posted 31/10/2019 04:02:11)

Baru-baru ini Selasa (22/10/2019), SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang menandatangai nota kesepahaman dengan PT Stefes Indonesia. Memorandum of understanding (MOU) tersebut ditandatangani oleh Wiwi Siti Zawiyah (Kepala Sekolah SMK PP Negeri Lembang) dan Mr. Lutz sebagai Prokect Leader dari Stefes GmbH. Secara garis besar poin-poin yang ditandatangani dalam nota kesepahaman tersebut di antaranya menyangkut beberapa hal mendasar seperti penyelarasan kurikulum, praktik kerja lapangan untuk peserta didik, penerimaan tenaga kerja melalui proses seleksi, guru tamu, penyediaan tempat sebagai lahan praktik/demo. Selain nota kesepahaman dengan sekolah PT Stefes Indonesia juga menjalin kontrak kerja sama dengan tiga orang guru produktif bidang pertanian di sekolah yang kemudian menjadi trainer / pelatih / penyuluh bagi para petani yang berada tidak jauh di lingkungan sekolah.
 
Dalam acara yang berlangsung di aula SMK PP Negeri Lembang tersebut, PT Stefes juga mengundang beberapa Kelompok Petani sekitar lembang yang juga telah menjalin kerja sama dengan PT Stefes. Poin penting yang di sampaikan oleh pihak Stefes pada acara tersebut menyangkut tentang keberlangsungan pertanian melalui penggunaan alat dan bahan yang ramah lingkungan. Selain itu kesadaran akan kesehatan tanah juga menjadi topik yang menarik dalam pembahasan.
 
Mr. Martin (Stefes Gmbh), Industri pertanian saat ini menurutnya tengah berada di ambang “kebimbangan”. Di satu sisi industri pertanian merupakan sektor penting, dalam menyuplay bahan pangan dunia. Sehingga industri pertanian dituntut agar dapat meningkatkan produksinya untuk memenuhi kebutuhan pangan. Dalam praktiknya untuk meningkatkan produksi tersebut, penggunaan alat dan bahan terus menjadi bahan kajian untuk peningkatan produksi di bidang pertanian. Tidak jarang penggunaan alat dan bahan yang tidak ramah lingkungan menjadi alternatif dalam upaya tersebut. Namun, di sisi lain dengan eksploitasi tanah yang berlebihan juga penggunaan bahan-bahan yang tidak ramah ringkungan akan berdampak pada kesehatan tanah sebagai modal dalam industri pertanian. Hal inilah yang diusung Stefes untuk mengembangkan produk nya di Indonesia, mengingat salah satu sektor penting Industri Pertanian dunia terdapat di Indonesia.
 
Pengembangan industri pertanian ke arah yang lebih ramah lingkungan menjadi bahan pertimbangan bagi sekolah SMK PP Negeri Lembang sebagai sekolah pertanian untuk menyambut baik konsep yang di tawarkan PT Stefes Indonesia. Sebagai pencetak kader pertanian di masa yang akan datang, lulusan-lulusan SMK PP Negeri Lembang diharapkan bukan saja dapat meningkatkan produksi pertanian tetapi juga generasi yang memiliki kesadaran tinggi akan keberlangsungan dan kesehatan lingkungan melalui konsep produksi pertanian yang ramah lingkungan. Dengan lingkungan yang terjaga, maka produktivitas tanaman terkontrol, kualitas tanaman akan terjaga, serta produk-produk pertanian menjadi produk unggulan yang digemari oleh masyarakat.  
 
(Septiadi Sobar, S.S., M.Hum – Hubin SMK PPN Lembang)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Ke Daftar Berita...
Username :
Password :
Daftar Baru | Lupa Password

Save Our Life
http://mihecheery.blogspot.com
Diknas
http://www.diknas.go.id
Pemprov. Jawa Barat
http://www.pemprovjabar.go.id
Departemen Pertanian
http://www.deptan.go.id

Admin



SMK PP Negeri Lembang
Jl. Raya Tangkuban Parahu Km. 3
Cilumber Lembang - Bandung
Phone. 022 - 2789348
Fax. 022 - 2786113
email: admin@smkppnlbg.com




Copyright © 2019 SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang. Jawa Barat. All Rights Reserved.