Cara Mengajar Yang Menyenangkan Dan Tidak Membosankan

smkppnlbg.com – Setiap guru yang mengajar pada satu sekolah pastinya punya metode dan cara mengajar yang beraneka ragam, ada guru yang pembawaan dan penyampaian materinya secara santai lugas dan jelas, ada yang lebih senang berinteraksi pada muridnya, ada yang hanya mengadalkan dari membaca buku dan biasanya yang ada juga yang mempunyai watak tempramental, nah dari cara guru mengajar juga berpengaruh terhadap minat siswa untuk belajar. Sebuah penelitian dari para ahli menunjukkan bahwa dengan membuat siswa berada dalam suasana hati yang baik, akan menciptakan kesan belajar yang menyenangkan dan ini akan memberikan mereka rasa betah untuk selalu belajar.

Ada banyak manfaat yang diperoleh dari proses belajar menyenangkan. Mulai dari materi pembelajaran yang mudah diterima hingga keinginan untuk belajar lebih lama.Pembelajaran yang menyenangkan ini dapat dilakukan dengan meningkatkan dopamin, endorfin, dan oksigen di otak.

Tips Mengajar Yang Menyenangkan Bagi Para Guru

Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh pengajar, baik guru maupun dosen dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dilansir dari sumber terpercaya yang sudah kami rangkum, berikut tips mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan yang dapat diterapkan dalam dunia mengajar bagi para guru:

Baca Juga : Terdapat 4 Universitas Terunggul di Kota Bontang 2024

Temukan Hal Baru Bersama Para Siswa

Belajar hal baru bersama-sama dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Dalam hal ini, guru tidak hanya memberikan informasi kepada siswa, melainkan mengajak siswa untuk menemukan informasi secara bersama-sama.

Buat Siswa Penasaran Dengan Setiap Segmen Pelajaran

Belajar yang paling menyenangkan adalah ketika mendapati sesuatu yang mengejutkan dan membuat siswa penasaran. Dalam memberikan materi pembelajaran, guru dapat menyoroti hal-hal yang tampak aneh, unik, dan tidak biasa. Mulailah dengan membuat siswa penasaran. Ajukan pertanyaan-pertanyaan dan biarkan siswa bekerja untuk memecahkan pertanyaan tersebut.

Tunjukkan Kepedulian Para Guru terhadap Siswa

Sesekali bertindak konyol juga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa membuat mereka tertawa dan merasa senang merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap siswa.

Libatkan Siswa Dalam Setiap Proyek

Melibatkan siswa dalam lokakarya juga diketahui dapat membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Siswa akan benar-benar berpartisipasi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

Hindari Kebiasaan Monoton dan Cenderung Menciptakan Momen Bosan

Menghabiskan jam pelajaran yang sama persis dengan cara yang sama setiap hari adalah hal yang perlu dihindari. Walaupun guru mengajarkan materi yang sama untuk siswa yang berbeda, namun, kebiasaan monoton akan tampak membosankan bagi siswa. Dengan demikian, guru dapat mencoba hal baru dengan berani mengambil risiko dan membuat kesalahan untuk menciptakan metode yang baru.

Review Materi tapi Jangan Terlalu Berlebihan Dalam Mengulangi

Dalam kegiatan belajar mengajar, penting untuk meninjau ulang materi yang telah disampaikan secara teratur. Luangkan satu atau dua jam setiap minggu untuk meninjau materi yang telah diajarkan dalam minggu terakhir.

Ganti Pembelajaran dengan Metode Percakapan

Sesekali libatkan siswa dalam percakapan santai dan posisikan mereka layaknya teman. Dalam hal ini, baik guru maupun siswa dapat saling bertukar ide atau gagasan, sehingga guru tidak hanya memberikan tanggapan tetapi juga menerima tanggapan. https://smkppnlbg.com/

Cobalah Untuk Menjadi Siswa Itu Sendiri

Cobalah untuk duduk bersama siswa lainnya dan beri kesempatan kepada siswa untuk menggantikan posisi sebagai guru. Luangkan waktu seminggu untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh siswa dan biarkan siswa menilainya.

Jangan Membawa Pembawaan Yang Terlalu Serius

Banyak guru yang tidak menyadari bahwa mata pelajaran yang diampunya bukanlah satu-satunya mata pelajaran yang diambil oleh siswa. Padahal, siswa harus menyeimbangkan tugas dan materi dari beberapa mata pelajaran dalam satu waktu. Untuk itu, cobalah untuk memahami siswa dan berilah waktu kepada siswa untuk memahami materi pelajaran yang lain.

Tertawakan Setiap Lelucon Dari Siswa

Hal lain yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan adalah terlibat dalam lelucon yang dilontarkan oleh siswa. Dalam hal ini, guru dapat tertawa apabila mendengar lelucon siswa. Hal tersebut diketahui menjadi cara terbaik untuk memastikan guru dan siswa berada dalam suasana hati yang menyenangkan.

Terdapat 4 Universitas Terunggul di Kota Bontang 2024

smkppnlbg.com – Kota Bontang adalah sebuah kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini terdapat kira-kira 120 kilometer dari Kota Samarinda, berbatasan langsung bersama dengan Kabupaten Kutai Timur di utara dan barat, Kabupaten Kutai Kartanegara di selatan dan Selat Makassar di timur.

Pendidikan di kota Bontang terhitung mengalami perkembangan cukup baik. Terbukti bersama dengan banyaknya perguruan tinggi negeri maupun swasta yang berada di wilayah ini.

Daftar Universitas Terbaik di Kota Bontang

Berikut inilah daftar Perguruan Tinggi Terbaik di kota Bontang 2024

1. Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang

Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang yang biasa disingkat bersama dengan STTIB ini berada di wilayah yaitu Jalan Brigadir Jenderal Katamso Nomor 26, Belimbing, Bontang Barat, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang telah berdiri sejak tanggal 19 September 2000 artinya hingga saat ini telah berusia 21 tahun.

Universitas di Bontang yang satu ini menyelenggarakan perkuliahan untuk program sarjana bersama dengan satu fakultas yaitu Fakultas Teknik, dua program studi yang ada didalamnya yaitu S1 Teknik Mesin dan S1 Teknik Kimia. Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang menyelenggarakan perkuliahan bersama dengan status terdaftar berdasarkan Surat Keputusan atau SK dari Kemdikbud Dikti Nomor 199/D/O/2000.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Samsul Ma’arif

Universitas di Bontang yang disarankan untuk anda sesudah itu adalah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Samsul Ma`arif yang bertempat di Gang Kerikil 8 Nomor 108 di Jalan Cut Nyak Dien, Bontang Kuala, Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Samsul Ma`arif atau yang biasa disingkat bersama dengan STIT SYAM adalah satu satunya perguruan tinggi berbasis agama Islam yang ada di wilayah Kota Bontang yang terhitung telah secara formal terdaftar di Departemen Agama.

Baca Juga : Inilah 6 Kelebihan SMK Yang Tidak Dimiliki SMA

3. Universitas Trunajaya Bontang

Universitas di Bontang yang disarankan untuk anda yang sesudah itu ialah Universitas Trunajaya Bontang yang berada di Jalan Taekwondo Nomor 55 RT 9, Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Universitas Trunajaya Bontang talh berdiri sejak tanggal 10 Oktober 1989.

Kampus ini miliki status sebagai Perguruan tinggi swasta yang dikelola oleh Kemdikbud Dikti (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan Direktoran Jenderal Pendidikan Tinggi) yang tercantum di dalam maktub kopertis wilayah 11. Fakultas yang diselenggarakan perkuliahannya terhadap kampus ini ada 3, diantaranya ialah Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi serta Fakultas Teknik.

4. SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI BONTANG

Sekolah Tinggi Teknologi Bontang yaitu keliru satu PT swasta di Negri Tercinta ini yang berupa Sekolah Tinggi, diurus oleh dikti dan termaktub kedalam kopertis wilayah 11. PT ini telah ada sedari tahun 17 April 2003 bersama dengan Nomor SK PT 058DO2007 dan Tanggal SK PT 9 Juli 2007.

Rekomendasi 5 Universitas Terbaik di Kota Langsa 2024

smkppnlbg.com – Universitas ialah suatu institusi pendidikan tinggi yang berikan gelar akademis di dalam berbagai rumpun pengetahuan pengetahuan.

Universitas tawarkan berbagai macam jenjang pendidikan, merasa berasal dari tingkat pendidikan diploma, sarjana, magister hingga doktor. Langsa adalah sebuah lokasi kota di Provinsi Aceh yang sanggup dikatakan sebagai lokasi maju di dalam pendidikan.

Hal itu sanggup dilihat berasal dari dua universitas terbaik asal Kota Langsa yang masuk pemeringkatan nasional UniRank tahun 2024.

Salah satu kampus terbaik yang dimiliki oleh Kota Langsa adalah Universitas Samudra atau Unsam UniRank adalah sebuah instansi pemeringkatan perguruan tinggi sedunia yang pusatnya terletak di Australia.

Daftar Universitas Terbaik di Kota Langsa

Berikut inilah kampus terbaik di kota langsa 2024:

1. STIKES Bustanul Ulum

STIKES (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Bustanul Ulum adalah tidak benar satu perguruan tinggi swasta yang patut di perhitungkan di Langsa. Kampus ini sanggup ditemukan di Jl. Syiah Kuala No. 48B, Tualang Teungoh, Kecamatan Langsa Kota. Berdiri sejak 29 Desember 2005, STIKES Bustanul Ulum justru baru meraih SK per 18 Juli 2014.

2. AKBID Harapan Ibu

AKBID (Akademi Kebidanan) Harapan Ibu berada di Jl. Lilawangsa No 180, Geudubang Jawa, Kecamatan Langsa Baro. Berdiri terhadap 24 Agustus 2006, AKBID Harapan Ibu hanya memiliki satu juruan aktif yakni Kebidanan untuk jenjang studi D3. Dengan layanan pendidikan dan olahraga yang lengkap, AKBID Harapan Ibu menjadi pilihan untuk mereka yang menghendaki menjadi bidan.

3. Universitas Sains Cut Nyak Dhien

Beralamat di Jl. Jenderal Ahmad Yani No.8, RW 9, Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Universitas Sains Cut Nyak Dhien (USCND) merupakan tidak benar satu perguruan tinggi swasta di dalam daftar nama kampus di Kota Langsa.

USCND tawarkan program studi Farmasi, Agroteknologi, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Matematika, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru SD, Hukum, Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Teknik Komputer.

Baca Juga : Inilah 6 Kelebihan SMK Yang Tidak Dimiliki SMA

4. IAIN Langsa

Perguruan tinggi bernafaskan Islam yang memadai kondang di Langsa adalah IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Langsa. Berdiri terhadap 14 Oktober 1980, kampus ini pada mulanya bernama STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) Zawiyah Cot Kala. Kampus ini sendiri berlokasi tak jauh berasal dari UNSUM, tepatnya di Jalan Meurandeh, Kecamatan Langsa Lama.

Ada empat program studi utama di IAIN Langsa yakni Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam dan juga Ushuluddin Adab dan Dakwah. Sementara untuk program pascasarjana, IAIN Langsa tawarkan Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam dan Pendidikan Agama Islam.

5. Universitas Samudra

Universitas Samudra (UNSAM) merupakan perguruan tinggi negeri di dalam daftar nama kampus di Kota Langsa. Berlokasi di Jl. Meurandeh, Kecamatan Langsa Lama, perintisan UNSAM udah di awali sejak tahun 1963 pas Al-Jamiatul Wasliyah cabang Aceh Timur menghendaki mendirikan kampus yang berafiliasi bersama dengan Universitas Al-Washliyah Medan.

Hingga pas ini tersedia lima fakultas bersama dengan 25 program studi di UNSAM yakni Fakultas Ekonomi, Hukum, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan juga Teknik. Dalam perjalanan pendiriannya, UNSAM pernah bekerjasama bersama dengan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU).

Inilah 6 Kelebihan SMK Yang Tidak Dimiliki SMA

smkppnlbg.com – Apakah kamu sedang mencari sekolah tingkatan menengah atas ? Jika iya, karena itu kamu harus pertimbangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai alternatif lain selainnya Sekolah Menengah Atas (SMA). Saat ini, beberapa orang tua dan pelajar lebih berminat untuk masuk ke dalam sekolah SMK. Tidaklah aneh, karena ada banyak kelebihan SMK dibandingkan dengan apa yang tidak dimiliki oleh SMA.

Sekilas Tentang SMK dan SMA

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah tingkatan pendidikan yang sama dengan. Tetapi, kedua sekolah ini memiliki tujuan yang berbeda. SMA adalah sekolah yang lebih memprioritaskan teori daripada praktek, yang mana proses pembelajarannya diprioritaskan tujuan supaya peserta didik bisa meneruskan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Sementara SMK adalah sekolah yang memprioritaskan praktek vokasi daripada praktek, rerata lulusan SMK memiliki ketrampilan dan ketrampilan di bagian tertentu, hingga lulusannya lebih siap untuk masuk ke dunia kerja.

Meskipun begitu, bukan maknanya pelajar lulusan SMA tidak bisa segera bekerja dan pelajar SMK tidak dapat meneruskan kuliah. Pasti, pelajar SMA juga memiliki kesempatan untuk masuk ke dunia kerja, tetapi tidak sebesar kesempatan lulusan SMK yang diberi ketrampilan serta lebih familier dengan dunia industri.

Berikut Ini Kelebihan SMK Yang Tidak Dimiliki SMA

Bersekolah di SMK, memberikanmu banyak kelebihan yang bahkan juga tidak dimiliki oleh SMA. inilah 6 kelebihan SMK yang SMA tidak punyai.

Lebih Berfokus Pada Ketrampilan Praktikum

Disentil awalnya, kebalikannya dengan SMA yang memusatkan proses evaluasi pada teori dan sedikit praktek, pelajar SMK diprioritaskan pada evaluasi praktek dan sedikit teori.

Waktu belajar pelajar SMK dan SMA ialah sama. Tetapi, SMK memiliki pendekatan lebih praktikum dan terpusat pada peningkatan ketrampilan yang detil dalam beragam sektor sesuai jalurnya, seperti otomotif, teknologi informasi, kecantikan, kulineran, tata baju, dan sebagainya. Dalam kata lain, guru yang mendidik lebih memprioritaskan pelajaran jurusan daripada pelajaran lain.

Ketrampilan-keterampilan yang didalami pelajar SMK benar-benar berguna untuk mempersiapkan diri supaya bisa terjun langsung ke lapangan kerja sesudah lulus. Pembekalan ketrampilan seperti ini tidak dimiliki oleh SMA sebagai sisi dari kurikulum pendidikannya.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Universitas Terbaik di Jakarta Utara Tahun 2024

Program Magang dan Kerja Praktek

Kelebihan yang lain dimiliki SMK dan tidak dimiliki SMA ialah ada program magang dan kerja praktek. Program magang dan kerja praktek biasanya dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai persyaratan kelulusan, sekalian sebagai usaha penyiapan dunia kerja.

Tetapi, pelajar SMK tidak harus menanti lama untuk mengicip terjun langsung ke dunia industri. Program magang dan PKL jadi kurikulum yang wajib dilakukan peserta didik di SMK.

Selainnya untuk mendukung nilai yang lebih baik, program ini memberikan peluang pelajar SMK untuk menyesuaikan pada lingkungan kerja sebetulnya, meluaskan jaringan, dan mengaplikasikan ketrampilan yang mereka pelajari di sekolah.

Dengan gabung sebagai internal dalam suatu perusahaan, beberapa pelajar SMK akan mendapat pengalaman kerja riil yang berguna untuk memberi deskripsi berkenaan bagaimana industri berjalan pada dunia kerja.

Jaringan dengan Dunia Industri

SMK memiliki kerjasama yang kuat dengan industri berkaitan. Pasti, bekerja sama seperti ini tidak dimiliki oleh SMA. Ada bekerja sama di antara sekolah dengan perusahaan industri, membuat pelajar memiliki akses ke sumber daya, teknologi, dan pengetahuan terkini dalam industri yang sesuai jalurnya. Jaringan ini menolong pelajar pahami perubahan terkini pada sektor ketrampilan mereka dan membuat pandangan yang realitas mengenai dunia kerja.

Peluang Karier Lebih Cepat

Training ketrampilan lewat evaluasi praktek, magang, dan kerja praktek, menolong pelajar SMK memperoleh ketrampilanya masing-masing. Pelajar SMK lebih familier dengan beberapa pekerjaan riil dibandingkan teori-teori yang didapat dari buku pelajaran.

Training ketrampilan yang terukur membuat lulusan SMK memiliki kesempatan untuk segera masuk ke dunia kerja pada sektor yang mereka pelajari. Ketika lulusan SMA mungkin masih bimbang cari tempat kuliah, pelajar SMK sudah memperoleh ketrampilan yang bisa diterapkan dengan Praktikum, jadikan mereka calon karyawan yang siap produktif.

Terjun langsung ke dunia kerja memberi peluang karier lebih cepat ke beberapa lulusan SMK. Beragam program ketrampilan yang dijajakan menolong pelajar SMK menelusuri beragam karier yang mungkin tidak dapat diketemukan di lingkungan pendidikan SMA. https://smkppnlbg.com/

Kesempatan Membuka Usaha Lebih Gampang

Tidak seluruhnya lulusan SMK ingin bekerja sama orang lain. Ada juga yang memiliki ketertarikan untuk meningkatkan usaha mereka sendiri. Bekal-bekal yang didapat sepanjang tempuh pendidikan di SMK akan menolong pelajar buka kesempatan upayanya sendiri.

Contohnya saja, pelajar jurusan usaha dan manajemen lebih pahami beberapa langkah buka usaha, taktik yang dipakai, bahkan bisa saja mengantisipasi ketidakberhasilan di masa datang. Tetapi, bukan maknanya pelajar SMA tidak memiliki kesempatan untuk buka upayanya sesudah lulus. Namun, perbekalan ketrampilan akan memberi keunggulan pada lulusan SMK.

Masih Dapat Melanjutkan Kejenjang Pendidikan Kuliah

Walau pelajar SMK disiapkan untuk segera bekerja sesudah lulus, tapi mereka bisa meneruskan ke tingkatan pendidikan perguruan tinggi. Sekarang ini, ada beberapa perguruan tinggi yang buka jurusan untuk lulusan SMK.

Disamping itu, berkuliah memberi peluang untuk lulusan SMK untuk makin mempertajam ketrampilannya. Ingin meneruskan kuliah atau langsung bekerja sesudah lulus SMK adalah opsi yang sama baik.

Penutup
Pada intinya, bersekolah di SMK atau di SMA memiliki peranan yang terpenting dalam mekanisme pendidikan. Lulusan SMA dan SMK terang sama bagusnya. Mereka memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

SMK disiapkan untuk siap menekuni di sektor kerja. Salah satunya usaha untuk tingkatkan persiapan dengan jalani program magang/PKL.

Rekomendasi 7 Universitas Terbaik di Jakarta Utara Tahun 2024

smkppnlbg.com – Sebentar lagi penerimaan mahasiswa baru bakal dibuka. Selain PTN, anda terhitung sanggup berkuliah di kampus swasta, lho. Sayangnya, anda bisa saja masih curiga bersama dengan mutu kurikulum, tenaga pengajar, maupun fasilitas di dalamnya. Nah, kota Jakarta utara sanggup jadi pilihan untuk melacak kampus yang bagus bersama dengan beraneka program studi dan besaran biaya pendidikan.

Daftar Universitas Terbaik di Jakarta Utara

Mimin merangkum daftar 5 perguruan tinggi paling baik di Jakarta utara. Apa saja? Yuk, cek infonya!

1. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Ismadi

Menawarkan program studi Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, STIKES Ismadi jadi tidak benar satu daftar nama kampus di Jakarta Utara yang digemari. Terdapat jenjang S-1 dan D-3 sebagai opsi untuk para akademika yang mendaftar. Lokasi kampusnya berada di Jalan Warakas Raya No. 55, Tanjung Priok.

2. SSR Jakarta

Rekomendasi perguruan tinggi selanjutnya di Jakarta Utara adalah SSR Jakarta. Merupakan cabang berasal dari akademi pusatnya yang berada di Manchester, Inggris. Lembaga pendidikan ini adalah gerbang bagi yang mengidamkan terjun ke industri hiburan kreatif, lebih-lebih dunia pertelevisian. Alamat SSR Jakarta tersedia di Jalan Boulevard Raya Blok. DG No. 12, Kelapa Gading.

3. Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya

Alternatif akademi pelayaran tak sekedar STIP di Jakarta Utara adalah Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya yang berada di bawah bimbingan segera TNI – RI. Menawarkan jenjang diploma, para akademika lebih difokuskan terhadap teknik kemaritiman. Jika alumni STIP condong jadi advisor, maka lulusan akademi ini segera terjun ke lapangan

4. Maison Bleu Center of Culinary Art

Bila mengidamkan berkarir jadi juru matang profesional, maka sanggup mendaftar ke Maison Bleu Center of Culinary Art. Lokasinya berada di Jalan Gading Kirana Timur Blok A-11/9, Kelapa Gading. Meski menyita proses pendidikan.

Baca Juga : Daftar Kuliah Jurusan Multimedia & Prospek Kerja

5. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta

Mempertimbangkan keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok di lokasi administratifnya, lumrah jikalau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta didirikan di sini. Salah satu daftar nama kampus di Jakarta Utara paling baik ini berlokasi di Jalan Marunda Makmur, RT. 01 / RW. 01, Cilincing. Sistem pendidikannya serupa bersama dengan akademi taruna terhadap umumnya.

6. Politeknik Manufaktur Astra

Lembaga pendidikan yang berfokus terhadap program studi otomotif, baik berasal dari manajemen sampai teknik ini di bawah pengelolaan PT. Astra Indonesia. Sebuah nama yang tidak asing sebagai pemegang lisensi formal Honda di negeri ini. Lokasi kampusnya berada di Jalan Gaya Motor Raya No. 08, Sunter II.

7. Akademi Sekretari dan Manajemen Dharma Budhi Bakti

Beralamat di Jalan Agung Tengah 7 No. 01, Sunter Agung, Podomoro, akademi yang satu ini merupakan opsi paling baik bagi peminat posisi sekretaris maupun manajemen perusahaan. Di kampus swasta ini, tersedia jenjang pendidikan D-3 yang kualifikasinya sudah dianggap oleh beraneka perusahaan ternama. Jadi, tidak harus risau soal pekerjaan selepas pendidikan.

Exit mobile version