Inilah 10 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Yang Harus Diketahui

Inilah 10 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Yang Harus Diketahui

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi – Lulusan ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan favorit ilmu sosial di perguruan tinggi. Jurusan ini mempelajari keterampilan dan kemampuan untuk berbicara di depan umum, penangkapan krisis, penelitian, dan kolaborasi.

Ilmu Komunikasi (Ilkom) merupakan salah satu jurusan ilmu sosial di universitas tersebut. Bagi Anda yang berminat bekerja di TV, radio, media, dan kehumasan, jurusan ilmu komunikasi bisa jadi pilihan. Secara umum ilmu komunikasi adalah proses belajar menyampaikan pesan secara efisien dari pengirim pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan). Penyampaian pesan ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Lulusan Ilmu Komunikasi melarang berbagai analisis dan berpikir kreatif. Siswa juga belajar merencanakan, mengatur, dan mengimplementasikan proyek dan program. Jurusan perguruan tinggi sosial ini melarang spesialisasi yang dapat dipilih siswa. Peminatan ini dapat meningkatkan kemampuan kesempatan kerja di bidang media, industri, dan teknologi.

Di Indonesia, peluang kerja untuk jurusan sains dan komunikasi adalah jurnalis, reporter, jurnalis, penyiar, pembaca berita, analis media, hubungan masyarakat. Selain itu, perusahaan besar tersebut berpeluang untuk bekerja di bidang media, seperti content creator, copywriter, YouTuber, videographer, screenwriter, hingga TV producer.

1. Humas dan Humas (Humas)

Lulusan komunikasi memiliki kemampuan berpikir strategis. Humas dan PR memiliki posisi bagaimana mempengaruhi persepsi publik melalui media. Profesional PR membuat siaran pers, mengatur konferensi pers, dan bekerja dengan media untuk liputan. Hubungan masyarakat dan PR diperlukan di departemen pemasaran, biro iklan, lembaga pemerintah, perusahaan, dan organisasi nirlaba.

2. Perencanaan Acara

Pekerjaan ini membutuhkan grup untuk mempromosikan dan memunculkan tema yang menarik. Intinya adalah menyukseskan suatu acara dan menarik banyak orang. Jurusan Sains dan Komunikasi dapat berkontribusi dalam kelompok untuk membuat acara lebih menarik. Selain itu, para lulusan ini memiliki keterampilan, penilaian, dan proses untuk menyukseskan acara tersebut. Keterampilan lain yang dibutuhkan adalah keterampilan menulis, menyusun siaran pers, dan membuat konten yang menarik.

3. Alumni Perguruan Tinggi dan Pejabat Pengembangan

Pengurus alumni bekerja untuk mengevaluasi kebutuhan berbagai kelompok alumni, misalnya mempersiapkan reuni, jejaring alumni, dan bakti sosial. Pekerjaan ini menjaga alumni dan merencanakan prospek kerja agar alumni mudah mendapatkan pekerjaan. Sedangkan tugas pengembangan adalah mempelajari para donatur kampus dan merencanakan promosi ke perguruan tinggi bagi calon mahasiswa. Pekerjaan ini biasanya di kantor perguruan tinggi.

Baca Juga: Daftar 10 Universitas Terbaik di Yogyakarta Terbaru 2023

Lulusan ilmu komunikasi ini dapat bekerja berinteraksi dengan alumni, orang tua, dan donatur kampus. Keterampilan lain yang dibutuhkan adalah public speaking (berbicara di depan umum) dan menulis surat atau menulis.

4. Perencanaan Media (Perencana Media)

Pekerjaan ini dibutuhkan di televisi/radio, situs web, dan artikel majalah dan surat kabar. Perencana media dapat memahami dan menganalisis kecenderungan konsumen untuk mengklik, melihat, membaca, dan mendengarkan. Selain itu pekerjaan ini dapat memilih campuran media terbaik untuk kampanye iklan. Perencana media membutuhkan keterampilan pelaporan dan penulisan untuk diteruskan ke rekanan dan eksekutif periklanan.

5. Pengelola Media Sosial (Pengelola Media Sosial)

Kemajuan teknologi membuat lapangan kerja di sektor industri semakin berkembang, salah satunya mengelola media sosial. Pekerjaan ini cocok untuk alumni ilmu komunikasi. Analisis pola dan kualifikasi komunikasi diperlukan untuk membantu organisasi memanfaatkannya di media sosial. Manajer media sosial memiliki keterampilan menulis yang baik untuk melibatkan pengguna di media sosial seperti Facebook, LinkedIn, dan Twitter. Selain itu, pekerjaan ini membutuhkan keterampilan persuasif (persuasif) dan keterampilan presentasi untuk menyampaikan rencana kepada staf, kolega, dan pelanggan.

6. Spesialis Sumber Daya Manusia (SDM).

Departemen SDM bekerja untuk organisasi seperti merekrut staf, mengarahkan karyawan baru, mengembangkan program pelatihan, mengkomunikasikan kebijakan kepada staf, mendidik karyawan tentang tunjangan, dan membuat buletin karyawan. Pekerja media dituntut untuk memiliki kemampuan public speaking yang baik. Selain itu, pekerjaan ini membutuhkan keterampilan menulis untuk membuat manual karyawan, menyusun konten web, dan menghasilkan literatur rekrutmen.

7. Pendidik Kesehatan atau Health Educator

Keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini adalah pengorganisasian dan perencanaan acara. Pekerjaan ini membutuhkan lulusan komunikasi yang dapat mempromosikan pameran kesehatan dan program lainnya. Sorotan dari pekerjaan ini adalah mengembangkan, mendemonstrasikan seminar untuk konsumen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version